Tuesday 27 March 2018

Resep Cilok Simple Mudah Dicoba



assalamualaikum wr wb..

alhamdulillah akhirnya setelah mengalahkan rasa malas dari dalam diri yang membuat hari-hari tidak produktif akhirnya jari jemari ini kembali bersemangat untuk menuliskan sesuatu yang mungkin akan bermanfaat...

kali ini saya akan berbagi resep cilok yang bisa anda jadikan variasi cemilan dirumah, kost atau bahkan yang mau jualan cilok di depan SD hehehe...

jujur, cilok merupakan jajanan favorit saya dulu waktu SD. jamannya uang Rp.100,- masih laku dan dapet satu tusuk cilok isi tiga pentol yang dilumuri dengan bumbu kacang, rasanya kenyal-kenyal nagih gitu. beberapa bulan lalu setelah saya kuliah saya kembali menemui jajanan ini ketika mampir disebuah tempat makan dengan harga yang jauh lebih mahal tentunya. saya baru tau saat itu kalau si cilok ga melulu cuma aci di colok, sekarang cilok ada isi ati atau ampelanya (apa gue aja yg kudet ya?). setelah itu saya menemukan beberapa penjual cilok di dekat kampus saya di pinggir2 jalan dengan harga pasaran Rp.2000.- per tiga pentol. dan bumbunya ga cuma sambal kacang kayak dulu tapi pakai bon cabai, saus cabai dan kecap.

oke.. setelah ketagihan setiap hari beli cilok dengan harga segitu dan ngerasa ga kenyang dan pengen makan lebih banyaaaak tapi tetep hemat saya akhirnya mencoba membuat cilok isi di kosan dengan bahan dan alat ala kadarnya.

alat :
mangkok/baskom plastik untuk menguleni/mengadon
ricecooker (gantinya panci sama kompor) #alat magic serba canggih andalan gue

komposisi bahan :
tepung tapioka 200 gram
tepung terigu 200 gram
garam
bawang putih
penyedap rasa
air panas secukupnya.
lada secukupnya

bahan isian :
bahan isian ini variatif yaa.. saya waktu itu adanya bahan bakso (tapi ga saran banget pakai bakso karena sama2 kenyal dan dari adonan tepung tapioka juga). mungkin bisa memilih bahan isian berikut ini :

  • ati ampela ayam
  • kentang
  • sosis
  • telur puyuh
  • daging ayam/sapi cincang
  • cumi / gurita mungkin hahaha
harap bahan isian diolah/direbus dahulu kemudian di potong dengan ukuran disesuaikan untuk isian cilok.

bumbu olesan :
bumbu untuk olesan juga dapat anda pilih sesuai selera.
  • bumbu kacang (lebih praktis beli bumbu kacang jadi tinggal diencerin)
  • bumbu saos : bon cabai saos cabai dan kecap dicampur
cara membuat :
  • campurkan tepung tapioka dan tepung terigu dalam wadah yang telah disediakan.
  • tambahkan bawang putih dan garam yang telah di lembutkan beserta penyedap rasa dan merica.
  • aduk hingga rata.
  • tuangkan air panas secukupnya. uleni adonan hingga kalis/tidak lengket
  • bulatkan adonan pada telapak tangan dan isi dengan bahan isian anda kemudian bulatkan kembali.
  • rebus adonan yang telah dibulatkan tersebut kedalam air panas selama beberapa menit
  • bola-bola akan mengambang tandanya sudah matang.
  • tiriskan dan baluri dengan bumbu.
cilok isi sudah siap dinikmati.
selamat mencoba.







No comments:

Post a Comment